Monday, April 11, 2011

Masjid-Masjid Unik di Berbagai Belahan Dunia

hmm, mumpung lagi bulan puasa, kali ini saya akan memposting hal-hal yang bersifat religi... daripada luntang lantung maen di jalanan, ya itung2 mencari ridha Allah swt.. bener ga?? yudah ga usah panjang lebar, langsung aja kita lihat berbagai macam bentuk masjid unik yang ada di dunia...

Seperti yang kita ketahui, Masjid adalah tempat ibadah umat muslim dan muslimah.. yang artinya sendiri adalah tempat sujud.. tempat kita selaku umat muslim bersujud memohon ampun kepada Allah swt.. mengikuti perkembangan zaman, kita bisa melihat beragam bentuk masjid yang semakin hari semakin indah dan semakin nyaman untuk dilihat dan di agungkan...

OK mari kita lihat bentuk masjid yang unik yg tersebar di muka bumi ini..



Masjid Larabanga merupakan masjid yang berada di Larabanga, Ghana dan juga termasuk masjid tertua di Negara itu. Masjid Larabanga diperkirakan dibangun pada tahun 1421.




Masjid Missiri Frejus merupakan salah satu replika dari Masjid Agung Djenné dari Afrika Barat yang berada di Perancis. Masjid ini diperkirakan dibangun pada tahun 1917.




Masjid Jami-Ul-Alfar berada di daerah Pettah Bazaar kota kolombo, Srilanka dan merupakan masjid tertua di kota itu. Ciri khas dari Masjid Jami-Ul-Alfar adalah corak dindingnya yang bewarna belang merah putih. Masjid Jami-Ul-Alfar dibangun pada tahun 1909 oleh arsitek bernama Saibo Lebbe. Masjid lain yang mempunyai corak hamper sama dengan masjid ini berada di kota Kualalumpur Malaysia yang bernama Masjid Jamek.




Masjid Sankore dibangun selama masa kekerajaan di Mali pada awal abad ke-15. Bentuk arsitekturnya seperti pyramid. Masjid Sankore menjadi pusat pendidikan agama islam di Timbuktu selama abad ke-16 yang bernama Universitas Timbuktu yang berganti nama menjadi Universitas Sankore.




Masjid Shah-Faisal adalah Masjid Nasional di Islamabad, Pakistan dan merupakan salah satu masjid terbesar di duni yang mampu menampung jamaah sebanyak 300.000 orang. Masjid Shah-Faisal dibangun pada tahun 1975 oleh donator dari pemerintahan Arab Saudi, King Faisal bin Abdul Aziz.




Masjid Ibrahim-al-Ibrahim merupakan hadiah dari Raja Fahd dari Arab Saudi kepada para muslim di daerah Gibraltar. Bangunan yang selesai tahun 1997 ini juga dilengkapi dengan sekolahan dan perpustakaan.




Masjid Agung Djenné terletak di kota Djenné, Mali, Afrika Barat di dekat Sungai Bani. Masjid ini dibangun pada abad ke-13 dan merupakan pusat komunitas Djenne. Masjid Agung Djenné merupakan bangunan dari lumpur terbesar di dunia dan dianggap oleh banyak arsitek sebagai gaya arsitektur Sudano-Sahelian terbaik. Masjid Agung Djenne, pada mulanya masjid ini dibangun sepenuhnya dengan bahan “ferey” atau bata dari bahan tanah yang dikeringkan dengan matahari dan diplaster dengan tanah lumpur, dengan ketebalan dinding antara 41 cm dan 61 cm.

Masjid Agung Djenné adalah salah satu “Situs Warisan Dunia” yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1988, yang dapat dikunjungi setiap saat, tetapi tidak dibolehkan memasuki bangunan, kecuali anda Muslim. Masjid Agung ini telah ditutup untuk non-Muslim pada tahun 1996, akibat dari kerusuhan dan penembakkan salah seorang official fotografi majalah Vogue Prancis di dalam masjid.




Masjid Agung Xi’an merupakan masjid pertama di Cina pada masa dinasti Tang, yang dibangun pada kekuasaan Kaisar Xuanzong, 685-762, disain masjid dipengaruhi oleh arsitektur bangunan dan rumah ibadah yang lazim pada masa itu. Masjid ini merupakan salah satu contoh dari Sino-arsitektur Islam di Cina.




Masjid Agung Samarra berada di Samarra, Irak yang dibangun pada tahun 848 pada masa pemerintahan khalifah Abbasid Al-Mutawakkil. Cirri khas dari Masjid Agung Samarra adalah menara masjid yang berbentuk spiral yang disebut menara al-Malwiya yang mempunyai tinggi 52 meter.




Masjid Tooba merupakan masjid yang berada di Karachi, Sindh, Pakistan. Masjid Tooba dibangun pada tahun 1969 dan mampu menampung sekitar 5 ribu jamaah. Masjid Tooba diklaim juga merupakan masjid terluas yang berbentuk single dome.
 
Sumber : http://1000world.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment

Random Post