Wednesday, September 12, 2012

Cara Tepat Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Kalau ada Anggapan yang mengatakan bahwa,tingginya kolesterol dalam darah hanya bisa terjadi pada manula atau mereka yang usianya sudah kepala empat, itu salah besar.
Menurut dr. Suyanto Sidik Sp.PD dari RS Internasional, beliau mengatakan
Sekarang ini, kolesterol tinggi bisa terjadi pada semua usia, bahkan di usia belasan tahun sekalipun.


Terlebih lagi pada masa sekarang ini, orang lebih cenderung memilih makanan yang enak-enak saja, tanpa memperdulikan efek samping dari makanan tersebut. ditambah lagi malasnya berolah raga, padahal dengan berolahraga ini sedikitnya dapat mengurangi kandungan kolestrol dalam tubuh. Seperti yang diungkapkan oleh Prof. Dr. Walujo S. Soerjodibroto, Ph.D. Ia mengatakan"tubuh manusia sangat susah mengeluarkan kolesterol. “Kolesterol dalam tubuh ini, supaya tidak bertumpuk harus dikeluarkan secara paksa. Caranya, ya, dengan banyak beraktivitas fisik,” kata Guru Besar FKUI, Departemen Ilmu Gizi ini.
disamping berolah raga, sangatlah baik mengkonsumsi buahbuahan seperti:
ALPUKAT, BLUEBERRY, APEL, ANGGUR.

ALPUKAT - Selama ini avokad dikenal kaya akan lemak. Tak heran jika buah ini selalu dijauhi manakala kolesterol sedang tinggi, padahal avokad sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Buah ini mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat.

BLUEBERRY - Buah blueberry mungkin dapat dijadikan salah satu pengobatan alternatif dalam menurunkan kolesterol di tubuh kita. Karena penelitian yang dilakukan para ahli di Amerika dengan menggunakan binatang pengerat memberikan hasil yang memuaskan dalam menurunkan kolesterol.

APEL - Buah yang satu ini sangat terkenal kaya akan serat dan zat antioksidan. Sudah tentu apel pun kaya vitamin C. Maka dari itu, apel bisa juga diandalkan sebagai penurun kolesterol. Sebaiknya apel dikonsumsi beserta kulitnya, karena di kulit inilah terdapat kandungan pektin (serat larut yang ampuh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol) dan antioksidan paling banyak.

ANGGUR - Selain serat, di dalam buah anggur terdapat pula zat catechin yang sangat baik dalam menurunkan kolesterol.

Itulah Cara Tepat Mengurangi Kolestrol dalam tubuh, semoga saja bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya
Sumber

No comments:

Post a Comment

Random Post