Thursday, September 13, 2012

Menghilangkan Noda warna Pada Layar TV

Screen CRT(Cartiged Ray Tube) yang biasa disebut juga Layar Tabung Monitor atau Televisi. Kalau pemakaiannya sudah lama, Terkadang mempunyai masalah yang cukup menyebalkan. yaitu pada saat TV atau monitor di hidupkan, tampak ada warna yang monoton pada layar bagian bawah, atau di pojok bagian atas. terkadang warna yang tampak berupa warna biru atau merah.


Penyebab masalah ini biasanya disebabkan karena :
1. Kondisi tabung (CRT) yang sudah lemah.
2. Degousing Coil yang tidak teraliri Listrik atau adanya perubahan tahanan pada Resistor PTC
3. Pernah mengalami penggantian speaker dengan jenis Magnit terbuka tidak dilindungi.
4. Deflection Yoke, atau istilah tukang reparasinya Konde, kurang mendapat teganan maksimal. (jarang terjadi)

Solusi Untuk Point 1 dan 2 :

Kepada anda yang awam terhadap peralatan Electronic, saya tidak menyarankan
anda untuk menelusuri ketiga penyebab masalah ini. Karena salah-salah akibatnya bisa fatal.
Saran saya adalah, Kalau benar TV atau Monitor anda sedang memperlihatkan gejala seperti ini, maka yakinkan dulu, apakah masalahnya benar seperti yang saya maksud dalam tulisan ini. Yaitu dengan menghidupkan TV kemudian lepas kabel antena, sehingga yang nampak hanya cahaya raster (bintik2 hitam atau warna hijau blank), jika benar seperti itu, akan tetapi dipojok atau dipinggir layar ada warna lain. Maka ambillah sebatang Magnet dan dekatkan ke bagian pinggir TV, yang ada muncul warna lain. Aturlah posisi arah medan magnet sampai mendapatkan kesesuaian warna raster. kemudian rekatkan dengan lem atau plaster. Setelah itu tancapkan kembali kabel antena dan lihat hasilnya. Trik ini cukup berhasil walaupun TV anda akan terlihat seperti orang habis kecelakaan (diperband).

Solusi Untuk Point 3.
Loud Speaker yang bukan dirancang untuk pengeras suara TV, memang tidak mempunyai pelindung medan Magnet. sehingga jika anda mengganti speaker TV dengan yang berjenis ini, akan mempunyai akibat Noda warna Pada Layar, dan untuk menghilangkan noda warna tersebut pertama coba jauhkan Speaker dari Layar, atau coba putar2 kedudukannya, agar arah medan magnet tidak bertolakkan. Kalau masih tidak berhasil, berilah pelindung yang terbuat dari seng Untuk melindungi Magnet speaker tersebut. Atau ganti Speakernya dengan yang mempunyai pelindung magnet.

Dan bagi anda yang tahu komponen Electronic, siapkanlah multi tester, Lepas Tutup bagian belakang TV, dan carilah Degousing Coil yang bentuknya seperti kabel bulat warna hitam, melingkar dibagian pinggir tabung, Lepaskan bagian Ujung yang menancap ke PCB, dan tes dengan multi tester, Tempatkan posisi Pin selector Multi tester pada 1 x Kohm. perhatikan jarum multi tester, jika penyimpangan jarum lebih jauh dari separuh sekala multi tester, berarti sepul Degousing Coil sudah ada yang korslet ( perlu diganti), dan jika simpangan jarum multi tester kurang jauh maka kondisi Degousing Coil masih baik, tidak perlu diganti, yang mesti diganti adalah Resistor PTC yang terhubung secara serial dengan pin ujung Degousing Coil yang melekat pada PCB. Resistor PTC ini biasanya berbentuk segi empat dengan ukuran 1x1,5cm berwarna hitam.

Demikian postingan untuk peralatan electronic, semoga ada manfaatnya.

Artikel Menarik Lainnya
Sumber

No comments:

Post a Comment

Random Post