Saturday, September 15, 2012

Tips Untuk Mengamankan Processor dari Mati mendadak

Berawal dari beberapa kejadian yang menimpa komputer teman saya yang tiba-tiba mati mendadak, Dan saya diminta memeriksanya. Kalau menurut kronologinya semua kejadian itu Pada awalnya, komputer tidak bermasalah, tapi setelah dipindahkan tempat, dan komputer dihidupkan, komputer hidup hanya sebentar terus mati(bukan restart). dan dihidupkan lagi mati lagi, Sampai tiga kali terus matot(mati total).



Dan setelah diperiksa, lagi lagi Heatsink Prosesor yang renggang / tidak melekat pada prosesor. Dan hal ini jarang sekali dicurigai kita, karena heatsink (alumunium penyerap panas) secara kasat mata masih menempel pada tempatnya.
Dari pengalaman tersebut diatas dapat diambil kesimpulan bahwa, dengan kurang melekatnya heatsink pada prosesor dapat menyebabkan prosesor overheat. Dan mengakibatkan mati mendadak.
Dan faktor-faktor yang dapat menyebabkan heatsink tidak lekat pada tempatnya adalah:

1. Kedudukan heatsink tidak tepat atau terhalang oleh sesuatu.
2. Kurang tepatnya Plastik pengait heatsink saat pertama kali dipasang
3. Adanya guncangan radikal pada komputer saat dipindahkan atau di letakan.

Heatsink

Kebanyakan komputer rakitan (bukan Branded) menggunakan Heatsink seperti nampak dalam gambar diatas.

Saran :

1.Pada saat pertama kali anda akan menyatukan heatsink ke punggung prosessor, perhatikan secara seksama. Jangan sampai ada kotoran seperti pasir atau lainnya yang dapat menghalangi antara prosessor dan heatsink.

2. Priksalah paku plastik pengait antara heatsink dan mainboard. Lihat dari arah belakang mainboard, apakah plastik pengait muncul dari lubang mainboard dan mengait dengan benar. Pada saat anda akan memasukkan pengait, pastikan kedudukan sangkutan (pegangan) dalam keadaan possisi terlepas. dan putarlah kepala pengait ke arah kanan, dan kalau sudah terasa mentok jangan dipaksakan.

3. Tiap kali anda habis memindahkan komputer dari satu tempat ke tempat lain, taruhlah secara hati-hati. Dan hendaklah tidak membawa / memindahkan, komputer Desktop pada saat komputer masih panas. Dan jika anda harus terpaksa memindahkan komputer, sebagai tindakan pengamanan, bukalah komputer dan priksa heatsinknya, apakah masih melekat dengan kokoh atau tidak, dengan sedikit mengguncangkan heatsing. dan kalau terasa goyang, maka anda harus menguatkan seperti diatas.

Ok, Semoga disuatu hari tulisan pengalaman ini bermanfaat bagi anda.

Artikel Menarik Lainnya
Sumber

No comments:

Post a Comment

Random Post