Friday, July 20, 2012

Gletser Petermann "Greenland" Runtuh

WartaNews-Greenland, Bongkahan es berukuran 2 kali ukuran pulau Manhattan telah runtuh dari Gletser Petermann di bagian utara Greenland, demikian laporan para ilmuwan.
Gambar yang diambil dari satelit NASA menunjukkan "pulau" tersebut lepas dan menuju ke ujung gletser ini. Pada tahun 2010 sebuah bongkahan es berukuran 250 km2 (100 mil2) lepas dari gletser yang sama.
Gletser-gletser melepaskan bongkahan-bongkahan es secara natural. Tetapi, sejauh mana perubahan-perubahan pada "Gletser Petermann" dalam beberapa tahun terakhir ini, telah membuat para ahli terkejut.
“Itu bukan soal reruntuhan, namun itu jelas peristiwa penting,” kata Eric Rignot, salah satu kru dari NASA, dalam sebuah pernyataan.
Beberapa pengamat lainnya mengatakan lebih jauh lagi. "Ini hal yang dramatis, dan ini sangat mengganggu pikiran," kata Andreas Muenchow, dari Delaware University, kepada Associated Press.
Bongkahan es dari Gletser Petermann kadang-kadang mencapai pesisir pantai Newfoundland di Kanada, serta menimbulkan bahaya bagi pelayaran dan navigasi, menurut Canadian Ice Service.
Para ilmuwan juga telah menyatakan keprihatinannya dalam beberapa tahun terakhir ini mengenai lapisan es di Greenland. Mereka mengatakan lapisan es itu terus menipis secara luas di tengah suhu yang hangat.(*/xco)

No comments:

Post a Comment

Random Post