Friday, August 3, 2012

Faktor-faktor Penyebab Komputer Lambat

komputer
Di kehidupan sekarang ini komputer sudah menjadi faktor peting dalam kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari aktifitas kantor hingga untuk pengerjaan tugas di rumah.
Mungkin anda sering dongkol kalau merasakan komputer yang anda pakai lambat atau lemot. Bahkan untuk berinternet ria pun kadang komputer lambat menjadi penyebab juga dalam kecepatan koneksi internet. berikut ini beberapa Faktor penyebab komputer anda menjadi lambat :
  1. Kekurangan kapasitas RAM, dari segi hardware coba di cek lewat menu Run --> dxdiag --> cek ram yang terinstal. Kekurangan RAM ( Random Access Memory ) sangatlah terasa untuk sebuah komputer. Karena RAM berfungsi sebagai memory yang di baca Procesor sebelum Harddisk.
  2. Terlalu banyak program start up yang berjalan. Sebaiknya program-program startup yang tidak terlalu  sering digunakan di nonaktifkan saja lewat menu Run --> msconfig.
  3. Point ketiga ini mirip dengan point nomer 2 diatas, yaitu banyaknya aplikasi yang terinstall. Bedanya kalau ini semacam program-program kecil semacam gamehouse. Walaupun aplikasi itu tidak kita jalankan tetapi dia akan memenuhi memory. Sebaiknya di Uninstall saja untuk software-software yang tidak terlalu sering digunakan.
  4. Penginstalan antivirus yang berlebihan. Untuk kondisi ini banyak terjadi di masyarakat luas, saya perhatikan banyak orang-orang yang menginstall 2 atau lebih program antivirus untuk mengamankan komputer nya biar aman dari virus (kasus yang terjadi avira dan smadav di install dan dijalankan semua). Padahal cukup 1 antivirus saja dan pastikan antivirus ter-update database virusnya sudah mencukupi untuk pengamanan komputer karena di windows pun sudah ada firewall windows.
  5. Komputer lambat karena Harddisk terdapat banyak bad sector. Kalau yang untuk kasus ini sih saya sarankan ganti Harddisknya saja hehehe...
  6. Karena temporary Files yang sudah keterlaluan banyak nya. File-file sampah harus segera dibuang untuk memaksimalkan kinerja komputer kamu. File Temp windows, Log windows, Cookies dan Chace internet juga harap di hapus.
  7. Karena serangan Virus dan sodara - sodaranya seperti trojan, malware, worm, spyware dsb. Bersihkan dengan antivirus yang kamu percayai (kalo dah parah ya di install ulang aja windowsnya hehehe..).
  8. Terakhir karena masalah Overheating. Suhu dalam ruangan CPU terlalu panas karena kipas dalam komputer tidak berfungsi secara optimal. Mungkin karena kita jarang membersihkan hardware komputer (yang sering terjadi sih tidak berani bongkar sendiri takut rusak hehehe..)

Hal tersebut adalah hal dasar yang harus kamu perhatikan jika kinerja komputer mu melambat (tidak seperti waktu beli dulu langsung cek jreeenggg..).

No comments:

Post a Comment

Random Post