Saturday, August 11, 2012

Material Baru Dari Endapan Kertas, Pengganti Bungkus Plastik

image_mini 

Margarita Calafell, Peneliti dari Department of Chemical Engineering of the UPC’s School of Industrial and Aeronautical Engineering of Terrassa (ETSEIAT), telah mengembangkan material baru yang menggunakan bioteknologi untuk mengendapkan kertas.
Di banyak permasalahan, material baru dapat mengganti bungkus plastik. Material baru yang telah dipatenkan ini memiliki sifat yang khas. Material tersebut memiliki kerapatan yang rendah, dapat
dibentuk, anti api, tidak dapat ditembus, dan memiliki resistansi yang tinggi. Bahan ini mungkin dapat mengganti bahan-bahan lain yang tidak bersahabat bagi lingkungan di banyak sektor industry dan produksi.
Kertas daur ulang untuk menghasilkan lebih banyak kertas atau dibentuk menjadi karton telah dilakukan di waktu yang lama. Produksi terbaru yang memiliki resistansi yang tinggi, serbaguna dan ramah lingkungan tanpa menghasilkan limbah yang tidak diinginkan dalam prosesnya ini adalah ide baru yang sempurna. Hal ini telah dicapai oleh Margarita Calafell, peneliti dari UPC’s Terrassa Campus yang bergerak pada grup peneliti Enzyme Catalysis Laboratory of the UPC’s Engineering and Biotechnology (ENGIBIO).
1 kg Kertas, 1 kg Material Baru
Margarita Calafell telah menemukan cara terbaru bioteknologi. Dia memodifikasi sifat kimia dan struktur material selulosa yang keluar dari proses daur ulang kertas. Kemudian, dia membuat padatan baru, dapat dibentuk, anti-api, tidak dapat ditembus, kuat, berpori, dapat menjadi pengganti bahan material yang tidak ramah lingkungan atau terlalu mahal, seperti plastik, kayu buatan atau karet. Hal ini dicapai melalui produksi yang tepat, tiap satu kilogram kertas memproduksi satu kilogram material baru yang memiliki banyak aplikasi di berbagai bidang industry dan produksi.
Pengganti Eternit dan Polystyrene
Karena material ini kuat, mengisolasi, tidak dapat tembus dan memiliki kerapatan yang rendah, bahan ini dapat mengganti eternit dan bahan-bahan lainnya yang digunakan pada konstruksi, seperti sekat dinding, papan kedap suara atau plafon. Material ini memiliki sifat mouldability artinya bahan ini dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis produksi pembungkus dan dapat mengganti polystyrene.
Metoda Serbaguna
Material telah dipatenkan oleh Calafell, dengan paten UPC. Inovasi dari material baru menghasilkan cara baru yang serbaguna. Peneliti menyatakan bahwa teknik ini juga dapat digunakan untuk memodifikasi sifat dari berbagai macam sisa dari bahan selulosa (kertas), bahan polimer (plastik), dan karet. Namun material baru ini dengan keunikannya dan sifat yang seragam masih belum memiliki nama.(JH)


sumber

No comments:

Post a Comment

Random Post