Tuesday, September 4, 2012

Pengertian Diabetes Melitus dan Bahayanya

Dalam dunia kesehatan, salah satu penyakit yang banyak ditakuti oleh manusia adalah diabetes melitus. Pengertian diabetes melitus sendiri adalah sebuah penyakit kencing gula yang ditandai adanya kelainan metabolis tubuh. Penyebab dari penyakit ini sendiri terdiri dari beberapa faktor. Misalnya adanya gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.
Gangguan metabolisme itu sendiri diakibatkan adanya defisiensi sekresi hormon insulin atau aktivitas insulin atau bahkan karena keduanya. Selain itu terjadi karena adanya defisiensi transporter glukosa. Namun bisa pula disebabkan karena kedua defisiensi tersebut.

Dari pengertian diabetes melitus tersebut, penyakit ini diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Tercatat ada enam klasifikasi diabetes melitus yang dirilis oleh organisasi tersebut, yang didasarkan pada perawatan dan sintoma.
Keenam klasifikasi tersebut antara lain adalah :
  1. Diabetes tipe 1. Yaitu jenis diabetes yang terjadi karena simtoma ketoasidosis hingga rusaknya sel beta yang terdapat pada pankreas. Kerusakan ini diakibatkan atau mengakibatkan autoimunitas serta sifatnya idiopatik. Diabetes melitus dengan patogenesis jelas, misalnya fibrosis sistik atau defisiensi mitokondroa tidak dimasukkan dalam golongan ini.
  2. Diabetes tipe 2. Pengertian diabetes melitus tipe ini adalah jenis diabetes yang timbul karena defisiensi sekresi insulin. Biasanya disertai dengan sindrom resistensi insulin,
  3. Diabets gestasional, yaitu jenis diabetes yang terdiri dari gestational impaired glucose tolerance atau GIGT serta gestational diabetes melitus atau GDM.
  4. Insulin requiring for survival diabetes, yaitu jenis diabetes yang terjadi pada kasus defisiensi peeptida C.
  5. Insulin rewuiring for control diabetes. Dalam tahapan ini sekresi insulis endogenus tidak cukup untuk mancapai gejala normoglicemia, apabila tidak mendapat asupan hormon dari luar tubuh.
  6. Not insulin rewuiring diabetes. Yaitu jenis diabetes yang tidak membutuhkan asupan insulin dari luar tubuh.

Mengenal Diabetes

Memahami pengertian diabetes melitus merupakan hal yang perlu dilakukan, khususnya bagi mereka yang mempunyai resiko tinggi terjangkit penyakit tersebut. Terlebih jika mengingat bahwa penyakit ini termasuk salah jenis penyakit yang terjadi karena adanya faktor keturunan. Dengan demikian, bila kita mempunyai kerabat yang memiliki riwayat kesehatan akan penyakit ini, hendaknya kita perlu meningkatkan kewaspadaan. Hal ini demi mencegah atau mengurangi resiko dari dampak penyakit yang tidak bisa disembuhkan tersebut.
Penyakit diabetes melitus ini sering dikenal sebagai penyakit kencing manis. Karena tidak bisa disembuhkan, bagi mereka yang sudah terjangkit penyakit ini harus bisa menjaga diri agar tidak terjadi dampak yang membahayakan bagi tubuh. Melakukan kontrol rutin merupakan salah satu langkah yang sangat dianjurkan dilakukan para penderita penyakit tersebut. Dengan demikian, setiap terjadi hal yang tidak diinginkan bisa ditangani dan diatasi sedini mungkin.
Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengenali gejala penyakit diabetes melitus ini sejak dini. Dengan demikian, kita bisa mencegah dampak negatif yang mungkin timbul secepat mungkin. Karena, meski tidak menampakkan dampak secara fisik, namun penyakit diabetes ini merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya. Selain itu, tak jarang penderita penyakit ini harus mengalami invalidasi bagian tubuh atau diamputasi guna mencegah penjalaran penyakit tersebut ke bagian tubuh lainnya.
Dengan melakukan amputasi, maka proses penyebaran penyakit diabetes melitus ini bisa dihambat. Karena apabila tidak dilakukan, dikhawatirkan bagian tubuh lainnya akan segera terkena pengarus dari penyakit tersebut sehingga memperburuk keadaan si penderita. Namun begitu, amputasi bukanlah suatu solusi yang bisa diambil guna menyembuhkan pasien penyakit tersebut.

Gejala Diabetes

Dengan adanya kondisi yang demikian ini, maka bukanlah sebuah kesalahan apabila sejak awal seseorang sudah mulai memahami pengertian diabetes melitus tersebut. hal ini sebagai salah satu cara agar kita bisa memiliki kewasapadaan dari resiko terkena penyakit tersebut. Di sisi lain, hal ini menjadi salah satu cara bagi kita untuk menghadapi kemungkinan terburuk apabila terkena penyakit diabetes melitus ini.
Beberapa jenis gejala penyakit diabetes melitus yang perlu dipahami dan dikenali antara lain adalah :
  1. Bertambahnya volume serta intensitas buang air kecil dengan drastis.
  2. Muncul rasa lapar dan dahaga dengan ekstrim.
  3. Berat badan menurun dengan drastis.
  4. Masa penyembuhan luka, berlangsung dalam jangka waktu lama. Bahkan, terjadi peningkatan resiko munculnya infeksi pada luka yang mengakibatkan luka menjadi borok.
  5. Penderita akan merasa mudah lelah dan munculnya rasa pusing.
Meski demikian, bila kita mengalami gejala seperti di atas tidak perlu langsung merasa khawatir. Karena, dalam memutuskan apakah seseorang terkena penyakit diabetes atau tidak, harus dilakukan pengujian di laboratorium. Yaitu dengan cara menguji contoh air seni kita, untuk diketahui berapa kadar gula yang ada dalam tubuh. Dari hasil uji urine inilah pada nantinya bisa disimpulkan apakah seseorang terkena penyakit diabetes atau tidak.

Pantangan Penderita Diabetes

Seorang yang menderita penyakit diabetes ini tidak boleh makan secara sembarangan. Hal ini karena penyakit ini sangat sensitif terhadap jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh penderitanya. Sehingga bila salah dalam mengkonsumsi makanan, bisa berdampak pada peningkatan kadar gula darah atau sebaliknya penurunan gula darah secara drastis.
Menjaga pola makanan pada penderita diabetes ini, disebabkan oleh beberapa masalah. Antara lain karena penyakit diabetes ini merupakan jenis penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Sehingga yang bisa dilakukan hanyalah dengan mengontrol kadar gula darah, agar berada dalam kisaran normal. Salah satunya dilakukan dengan mengontrol jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh.
Di sisi lain, dengan menjaga pola makanan dan menghindari beberapa jenis makanan tertentu, juga berfungsi untuk mencegah terjangkitnya penyakit lain. Sebab, jika seorang penderita diabetes melitus terkena penyakit lain, sangat rentan menciptakan komplikasi penyakit yang pada nantinya membahayakan keselamatan jiwa.
Meski begitu, menjaga pola makanan bukan berarti harus meninggalkan banyak makanan sepenuhnya. Karena pada saat ini sudah banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi secara aman. Misalnya gula, pada saat ini kita bisa mendapatkan gula yang memang diproduksi untuk para penderita diabetes sehingga aman terhadap gula darah.

Makanan Yang Diwaspadai

Jenis makanan yang perlu diwaspadai oleh para penderita penyakit diabetes adalah segala jenis makanan yang mengandung gula. Namun, hal ini bukan berarti penderita diabetes harus sepenuhnya meninggalkan gula. Karena gula juga berfungsi sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh yang sangat penting.
Yang perlu diperhatikan adalah mencari sumber makanan alternatif, agar kecukupan energi dalam tubuh tetap bisa terpenuhi. Salah satunya dengan cara mengganti gula konvensional dengan jenis gula yang memang ditujukan bagi para penderita diabetes.
Beberapa jenis makanan yang perlu diwaspadai oleh penderita diabetes ini antara lain adalah :
  1. Makanan yang menggunakan bahan baku gula. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, sebab penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang diakibatkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh secara berlebihan. Untuk itu, jenis gula yang digunakan haruslah gula yang khusus dibuat untuk penderita diabetes.
  2. Nasi, yang merupakan salah satu makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebab di dalma nasi terkandung kadar gula yang cukup tinggi. Sehingga nasi tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan yang disarankan sebagai pengganti nasi adalah kentang atau jagung sebagai pengganti nasi.
  3. Minuman bersoda, yang biasanya terkandung gula buatan cukup tinggi. Itulah mengapa, penderita diabetes tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung soda.

sumber

1 comment:

  1. This article is presently what did you say? I need, thank you.

    ReplyDelete

Random Post