Wednesday, November 3, 2010

Kemarahan Dapat Merusak Kesehatan Anda




Kemarahan dan permusuhan dapat mendatangkan malapetaka pada kesehatan Anda baik jangka pendek maupun panjang. Emosional atau kemarahan dapat merusak hubungan, karir dan kesejahteraan Anda. Seperti dirilis Sheknows, Sabtu (30/10), kemarahan merupakan proses psikologis dan fisiologis.

Bukti menunjukkan bahwa ketika seseorang terlalu sering marah dan mengekspresikan kemarahannya secara tidak tepat akan berdampak negatif terhadap kesehatan mereka. Menjadi pasif, berdiam diri, atau menggelegak dengan kemarahan yang tersembunyi adalah bentuk-bentuk emosi yang dapat menimbulkan berbagai gejala dan penyakit. Beberapa penyakit yang terkait antara lain sakit kepala, tekanan darah tinggi, susah tidur atau masalah pencernaan.

Kegelisahan, amarah, dan persaingan juga sangat berbahaya bagi jantung Anda. Kemarahan yang belum terselesaikan meningkatkan resiko penyakit jantung sebanyak lima kali, sementara permusuhan membuat Anda semakin rentan terhadap penyakit jantung.

Dalam tinjauan penelitian tahun 2009 di Journal of American College of Cardiology menjelaskan pengaruh kemarahan terhadap penyakit jantung. Para peneliti menemukan bahwa kemarahan dan permusuhan secara signifikan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner pada orang sehat. Para peneliti juga menemukan bahwa kemarahan mempengaruhi kesehatan jantung baik pada pria maupun wanita, risiko terkait lebih tinggi pada laki-laki.(ADO)

Sumber : http://kesehatan.liputan6.com/

No comments:

Post a Comment

Random Post