Usaha dan kesuksesan. Peluang usaha yang menjanjikan. Semuanya
menciptakan mimpi-mimpi panjang, menjadi dorongan untuk direalisasikan.
Bahkan segera. Seolah tidak bisa ditunda-tunda.
Memang dunia usaha bukan dunia untuk berleha-leha. Ada kerja keras,
semangat, kreatifitas, termasuk juga pertimbangan dan perhitungan. Bukan
berarti mengulur-ukur waktu. Namun apa salahnya menyimak terlebih
dahulu bagaimana nasehat dari para pakar usaha, sebelum melangkah lebih
lanjut. Diantaranya adalah 6 penyebab kegagalan usaha. Penting menjadi
bekal atau bahkan seperti menjadi modal yang tidak nampak.
Enam penyebab kegagalan usaha tersebut antara lain:
1. Tidak melakukan riset pasar.
Kesalahan satu ini bisa berarti kalah sebelum bertanding. Akan lebih
mudah menyediakan sesuatu yang dibutuhkan daripada harus membuat sesuatu
yang baru dan memaksa orang mengeluarkan uang untuk itu.
2. Rencana bisnis yang kurang matang.
Sebuah rencana yang solid dan realistis sangatlah mutlak dibutuhkan
sebuah bisnis. Rencana harus memuat target yang masuk akal, bagaimana
mencapai target, prediksi masalah, solusi masalah. Semakin banyak
masalah, maka semakin tinggi potensi kegagalan usaha.
3. Tidak punya akses tambahan modal.
Dari awal harus realistis, gunakan modal yang ada untuk bisa mencapai
target. Terlalu banyak memikirkan pinjaman untuk modal dalam membuka
bisnis bukanlah awal yang baik.
4. Lokasi yang buruk, tidak eksis di internet, kurang penjualan promosi.
Lokasi yang buruk bisa menjadi faktor negatif bagi bisnis. Apalagi jika mengandalkan pelanggan yang pejalan kaki.
Juga untuk saat ini, eksistensi di dunia maya, baik internet maupun jejaring sosial, sama pentingnya dengan di dunia nyata.
5. Terlena dengan kesuksesan.
Jangan terlalu puas dengan hasil. Bisa jadi itu belum waktunya untuk
merasa puas. Terus pantau situasi pasar, siapa tahu perlu mengubah
strategi. Berada di posisi puncak adalah waktunya untuk mempertahankan
strategi.
6. Terlalu cepat berekspansi.
Cara memperluas bisnis, harus sama dengan saat awal membangun bisnis. Jangan gegabah dan terlalu percaya diri.
Pastikan menemukan pasar dan daerah yang tepat untuk ekspansi.
===#
meskipun rata-rata bisnis baru usaha kecil dan menengah (ukm) jarang bertahan lama, bukan berarti gagal begitu saja.
melalui perencanaan dan fleksibilitas, bisa menghindari penyebab
kegagalan di atas dan menjadi bagian dari usaha yang berhasil bertahan
lebih dari 15 tahun.
sumber
No comments:
Post a Comment