Monday, September 3, 2012

Manfaat Antibiotik dan Efek Penggunaanya yang Berlebihan

antibiotik

Saat kita sakit dan berobat ke dokter, biasanya kita mendapatkan beberapa jenis obat. Dan salah satu obat yang biasa diberikan oleh dokter untuk para pasiennya adalah berupa antibiotik.
Manfaat antibiotik ini adalah untuk menekan atau menghentikan perkembangan bakteri atau mikroorganisme berbahaya yang berada di dalam tubuh. Manfaat antibiotik yang paling sering digunakan adalah untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Asal Mula Antibiotik

Anti bakteri sebenarnya sudah ditemukan oleh para peneliti dari Prancis pada akhir abad ke-19, berupa efek dari Penicillium yaitu sejenis kapang atau jamur. Tetapi penemuan itu sendiri tidak diakui dan tidak diberitahukan kepada khalayak ramai. Baru pada tahun 1928, Alex Flemming secara tidak sengaja menemukan Penicillium Chrysogenum yang tumbuh di sekitar media tempat dia menyimpan bakteri.
Anehnya di sekitar Penicillium Chrsogenum yang tumbuh itu bersih bakteri, sedangkan di tempat yang tidak tumbuh Penicillium Chrosogenum terdapat banyak sekali bakteri. Alex Flemming kemudian melakukan penelitian dan berhasil membuat anti bakteri alami pertama dengan nama Penicillin G.
Manfaat antibiotik ini sangat besar, sehingga terus dikembangkan hingga saat ini.

Penggunaan Antibiotik

Antibiotik digunakan dalam berbagai bidang, misalnya saja di bidang pertanian, kesehatan, bioteknologi, dan masih banyak lagi bidang lain yang menggunakan antibiotik ini. Secara umum antibiotik ini digunakan untuk menekan perkembangan suatu jenis bakteri.
Jumlah antibiotik yang diberikan juga dalam ukuran tepat yang bisa membunuh bakteri. Dalam penggunaan antibiotik untuk manusia, jumlah dari masing-masing antibiotik itu sudah ditentukan banyaknya dan lamanya penggunaan.
Hal ini juga dimaksudkan agar bakteri yang ingin dibunuh tidak menjadi kebal terhadap antibiotik yang diberikan. Karena itu ketika meminum antibiotik, semua antibiotik yang diberikan harus dihabiskan. Karena jika tidak dihabiskan, bakteri yang menjadi sasaran antibiotik akan menjadi kebal terhadap antibiotik.
Jika hal ini terjadi, maka manfaat antibiotik untuk membunuh bakteri malah bisa mengakibatkan penyakit tidak kunjung sembuh walaupun sudah diberikan berbagai macam obat.

Dampak Penggunaan Antibiotik yang Berlebihan

Memang manfaat antibiotik sangat banyak, tetapi di samping memberikan manfaat, penggunaan antibiotik secara terus menerus juga mengakibatkan dampak buruk untuk kesehatan. Diantaranya adalah sistem kekebalan tubuh akan menjadi lemah dan rentan terkena penyakit.
Hal ini disebabkan karena antibiotik yang membantu membunuh bakteri akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi tergantung oleh antibiotik. Jika antibiotik ini tidak ada, maka kita akan lebih gampang jatuh sakit.
Selain itu, pemberian antibiotik sejak dini juga bisa mengakibatkan alergi bagi anak saat dia besar nanti. Gigi anak juga akan mudah rusak, gangguan saluran pencernaan, bahkan bisa mengakibatkan kekurangan vitamin K yang berguna untuk membantu pembekuan darah saat terjadi luka.
Dampak buruk dari pemberian antibiotik secara berlebihan ini terjadi karena fungsi utama dari antibiotik yang membunuh bakteri juga ikut membunuh bakteri baik yang berfungsi untuk membantu pencernaan dan penyerapan sari-sari makanan.

Menggunakan antibiotik memang dapat mempercepat penyembuhan, tetapi penggunaan antibiotik yang berlebihan malah akan mengakibatkan penyakit yang lebih parah. Karena itu ambillah keputusan yang bijak dalam menggunakan obat antibiotik.


sumber

No comments:

Post a Comment

Random Post