Wednesday, November 3, 2010

Waspadalah, Abu Merapi Sebabkan Paru-paru Kaku

 



Abu material vulkanik Gunung Merapi jika terhirup akan menempel di paru-paru. Akibatnya organ itu bisa menjadi kaku. Informasi ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta Bondan Agus Suryanto, baru-baru ini.

"Jika intensitas abu vulkanik yang terhirup cukup banyak, paru-paru akan menjadi kaku karena terselimuti abu. Hal itu berbahaya bagi kesehatan karena akan menimbulkan infeksi pernapasan dan sesak napas," kata Bondan.

Menurut Bondan, paru-paru menjadi kaku karena jalan pernapasan tersumbat yang mengakibatkan paru-paru menjadi tidak elastis. Ketika elastisitas paru-paru menurun, aliran pernapasan akan terganggu dan berujung infeksi dan napas menjadi sesak.

"Abu vulkanik juga perlu dihindari oleh orang yang memiliki bakat alergi pernapasan. Bagi yang memiliki alergi atau bakat asma, menghirup abu vulkanik akan memicu kambuhnya penyakit tersebut," ujar Bondan.

Bondan menambahkan, abu vulkanik dapat melekat di saluran pernapasan dan hanya dapat dinetralisasi dalam aliran darah jika jumlahnya tidak terlalu banyak. Selain berdampak pada pernapasan, abu vulkanik juga cukup berbahaya bagi kesehatan mata. Air mata yang berfungsi sebagai pelumas dapat kering karena banyak terkena abu. Ini dapat menimbulkan iritasi mata dan peradangan.

"Oleh karena itu, kami mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Merapi maupun daerah yang terkena efek abu vulkanik untuk tidak terlalu banyak melakukan aktivitas di luar," katanya. Jika terpaksa melakukan aktivitas di luar, warga diimbau menggunakan masker pelindung. Ini penting untuk mencegah abu vulkanik yang mengandung asam sulfat atau belerang.(ULF/Ant)

Sumber :  http://kesehatan.liputan6.com

No comments:

Post a Comment

Random Post