Tuesday, September 18, 2012

Bambu di Indonesia terancam punah

Ada 1500 jenis bambu di dunia. Dari ribuan jenis bambu itu, 159 jenis bambu terdapat di Indonesia. Sayangnya, ada sekitar 8 jenis bambu yang menyebar di daerah tertentu kurang diperhatikan.

"Sebanyak 159 jenis bambu di Indonesia , 8 jenis endemis tersebar di Indonesia belum termanfaatkan secara optimal. Beberapa jenis terancam punah karena kurang pemberdayaan," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kehutanan (Kemenhut) Imam Santoso pada Puncak Acara World Bamboo
Day di Kawasan Mandala, Borobudur, Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (18/9).

Imam menjelaskan, Indonesia seharusnya mencontoh China yang sampai saat ini disebut sebagai negeri tirai bambu. Di negeri panda itu, industri pedesaan terkait bambu berkembang dengan cepat. Perlindungan hutan di negeri China benar-benar berjalan.

"Masyarakat sangat menjaga dan melindungi hutannya. Bambu telah berhasil menggantikan peran kayu di sana. Mereka juga berhasil mengembangkan produk bambu," ujar dia.

Dari bambu, masyarakat bisa mengembangkan sebagai bahan makanan, dijadikan menjadi arang bambu, cuka ekstrak pestisida dan alat-alat kosmetik kecantikan. "Kesuksesan bambu di China dengan perjuangan panjang. Perjuangan secara berantai dari hulu sampai hilir masyarakatnya,” kata Imam.

Untuk mewujudkan itu, di Indonesia berbagai banyak pihak termasuk masyarakat petani maupun lembaga terkait harus bersinergi baik dari daerah sampai ke pusat. "Petani, penyuluh, koperasi, perdagangan, perbankan. Perlu upaya terobosan. Pemerintah tak henti cari solusi pencapaian kebijakan kehutanan. Untuk mendorong peningkatan komoditi bambu pemerintah telah menetapkan sebagai Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang merupakan produk unggulan nasional,” ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya
Sumber

No comments:

Post a Comment

Random Post