Saturday, September 22, 2012

Tips Aman Bermain Airsoft Gun

Airsoft gun adalah sebuah permainan olahraga perang-perangan dengan menggunakan replica senjata api. Permainan ini berasal dari Jepang. Pada tahun 1970-an, para pecinta senjata berinovasi membuat tiruan senjata api yang bisa dipergunakan untuk bermain. Hingga kini, airsoft gun semakin populer, tidak hanya di Jepang tetapi juga di negara-negara lain seperti Hong Kong, Macau, Korea Selatan, Tiongkok, Filipina, dan Indonesia.

Bahkan kini olahraga yang mensimulasikan aktivitas militer ini mulai digemari di negara-negara Eropa dan di Amerika Serikat.

Peralatan Dalam Permainan Airsoft Gun

Ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang harus ada jika Anda hendak bermain airsoft gun bersama teman-teman atau keluarga. Yang pertama adalah senjata airsoft gun itu sendiri. Senjata airsoft gun secara tampilan memang terlihat mirip dengan senjata api, karenanya senjata airsoft gun sering kali disebut sebagai replika senjata api. Meski disebut replika, sesungguhnya cara kerja senjata airsoft gun sama sekali berbeda dengan senjata api.
Ada tiga jenis senjata airsoft gun berdasarkan tenaga yang menggerakkannya. Ketiga jenis tersebut adalah spring (menggunakan pegas), gas, dan elektrik. Senjata airsoft gun jenis spring memanfaatkan pegas untuk menembakkan peluru. Senjata jenis ini harus selalu dikokang setiap kali akan digunakan untuk menembak.
Senjata airsoft gun jenis gas memanfaatkan tenaga gas bertekanan tinggi, biasanya gas yang digunakan berupa campuran propana dan polysiloxane. Sementara itu, senjata airsoft gun yang berjenis elektrik memanfaatkan tenaga listrik dari baterai untuk menggerakkan motor atau dinamo elektrik di dalam senjata tersebut.
Peralatan lain yang dibutuhkan adalah peluru khusus airsoft gun. Karena hanya merupakan permainan, peluru yang digunakan untuk permainan airsoft gun hanya peluru berbentuk bulat yang terbuat dari plastik. Peluru bulat ini biasanya disebut Ball Bearing atau BB. Ukuran peluru ini pun dibuat seaman mungkin agar tidak mencelakakan.
Biasanya butiran peluru airsoft gun memiliki diameter sebesar 6 mm, dengan variasi berat antara 0,12 hingga 0,25 gram. Selain itu, ada juga peluru airsoft gun khusus yang ukurannya berbeda dan memiliki bobot hingga 0,80 gram. Akan tetapi peluru yang lebih berat ini jarang digunakan; bahkan jika digunakan, penggunaannya diawasi secara saksama.
Peluru airsoft gun dapat melaju hingga 200 – 400 kaki per detik saat ditembakkan. Setelah senjata dan peluru airsoft gun tersedia, saatnya mempersiapkan berbagai alat pengaman tubuh. Alat pengaman airsoft gun berperan penting dalam menjaga keselamatan tubuh dari tembakan peluru-peluru, mengingat permainan ini merupakan permainan “perang-perangan” para pemain saling tembak satu sama lain. 
Mata dan wajah adalah sasaran empuk peluru airsoft gun yang dapat meluncur dengan sangat cepat. Oleh karena itu, pastikan Anda dan pemain lainnya memakai kacamata pelindung (goggle) atau masker pelindung wajah khusus yang bentuknya mirip dengan yang digunakan untuk bermain paintball. 
Selain mata, organ tubuh Anda juga harus terlindungi dari serangan peluru airsoft gun. Karenanya, pakailah pakaian yang tebal. Lebih baik lagi jika Anda benar-benar berdandan ala militer, lengkap dengan rompi, sepatu boot, sarung tangan, dan helm untuk perlindungan total tubuh Anda.

Kiat Aman dan Seru Bermain Airsoft Gun

Agar permainan airsoft gun lebih menyenangkan dan aman, sebelum bermain pastikan Anda telah mematuhi prosedur keamanan airsoft gun. Berikut ini adalah prosedurnya:
  • Semua pemain harus berusia di atas 18 tahun. Jika ada pemain berusia kurang dari 18 tahun, pemain tersebut harus bermain di bawah pengawasan orang tua.
  • Pakailah pelindung mata saat bermain.
  • Pastikan safety pada senjata airsoft gun Anda selalu dalam posisi ON saat tidak sedang bermain.
  • Jangan meletakkan jari telunjuk Anda di trigger senjata airsoft gun saat tidak sedang bermain.
  • Jangan membawa senjata airsoft gun dalam keadaan terbuka saat tidak sedang bermain.
  • Dilarang bermain di tempat umum dan tempat terbuka.
  • Jangan melihat ke dalam laras senjata airsoft gun Anda.
  • Pastikan Anda membaca manual sebelum menggunakan senjata airsoft gun.
  • Tutup laras senjata Anda jika tidak sedang digunakan.
  • Jangan memodifikasi senjata airsoft gun Anda untuk tujuan apapun.
  • Bawalah senjata airsoft gun Anda dengan hati-hati saat tidak sedang bermain.
Selain mematuhi prosedur keamanan airsoft gun, penting juga bagi Anda untuk mematuhi pedoman-pedoman bermain airsoft gun. Pedoman-pedoman ini terbagi menjadi tiga, yakni pedoman keselamatan umum, pedoman keselamatan pribadi, dan pedoman keselamatan permainan.

1. Kiat Aman Seru Bermain Airsoft Gun - Pedoman Keselamatan Umum

Pedoman keselamatan umum airsoft gun menekankan kepada Anda cara memperlakukan senjata airsoft gun yang benar agar tidak mencelakakan diri sendiri maupun orang lain. Untuk menjaga keselamatan Anda dan orang lain, biasakanlah memperlakukan senjata airsoft gun seperti senjata api betulan.
Perlakukan senjata airsoft gun Anda seolah-olah senjata itu selalu terisi penuh peluru walau Anda yakin Anda baru saja mengeluarkan pelurunya. Ini adalah hal yang penting agar Anda tidak terbiasa memicu pelatuknya secara sembarangan dalam kondisi apapun.
Jangan pernah arahkan laras senjata airsoft gun Anda ke arah benda atau makhluk hidup apapun yang tidak ingin Anda tembak. Pastikan juga bahwa selongsong peluru senjata airsoft gun Anda selalu dalam keadaan kosong jika tidak digunakan. Selain bermanfaat untuk mengantisipasi kecelakaan-kecelakaan yang mungkin terjadi, pengosongan ini juga berguna untuk memperpanjang umur pegas di dalam selongsong agar tidak lekas rusak.
Selain itu, lepaskan baterai dan kunci airsoft jika sedang digunakan. Jangan coba-coba memainkan senjata airsoft gun di dalam rumah, meski Anda yakin Anda tidak membidik benda-benda atau orang-orang yang tidak ingin Anda tembak. Pasalnya, peluru yang memantul pun bisa mengancam keselamatan Anda dan keluarga. Simpan senjata dan peluru airsoft gun Anda di tempat yang tidak dapat dijangkau anak kecil.

2. Kiat Aman Seru Bermain Airsoft Gun - Pedoman Keselamatan Pribadi

Pedoman keselamatan pribadi airsoft gun menekankan Anda secara lebih mendalam untuk lebih berhati-hati dalam memperlakukan senjata airsoft gun. Jangan menggunakan senjata airsoft gun untuk mengusili orang lain. Selain berbahaya, Anda dapat dituntut secara hukum dan tidak diizinkan bermain airsoft gun lagi. 
Simpan senjata airsoft gun Anda di tempat aman dan tertutup dengan posisi pelatuk terkunci. Sebelum disimpan, lepaskan magazine peluru airsoft gun dengan sangat hati-hati karena siapa tahu masih ada peluru yang tertinggal di dalamnya. Untuk mengeceknya, tembakkan airsoft gun ke arah langit luas sebelum Anda menyimpannya.
Pilih lokasi yang aman untuk bermain airsoft gun. Jangan memilih lokasi yang ramai seperti banyak orang maupun kendaraan berlalu-lalang. Jangan pernah membawa-bawa senjata dan menunjukkannya ke orang-orang di tempat umum karena dapat menimbulkan salah paham yang menyeret Anda ke kantor polisi terdekat.

3. Kiat Aman Seru Bermain Airsoft Gun - Pedoman Permainan

Selain mengenakan perlengkapan keselamatan yang sudah dijelaskan di atas, penting bagi Anda untuk mematuhi peraturan permainan. Meski peraturan permainan airsoft gun berbeda-beda di setiap komunitas, tetapi pada dasarnya peraturannya adalah sebagai berikut:
  • Kondisi fisik Anda harus sehat dan fit saat bermain airsoft gun.
  • Tidak diperkenankan bermain airsoft gun jika Anda berada di bawah pengaruh obat yang bisa menghambat Anda melakukan aktivitas fisik yang berat.
  • Anda tidak diperkenankan menembak bagian tubuh seorang lawan main dari leher ke atas (kepala) menggunakan airsoft gun.
  • Apabila sasaran tembak airsoft gun Anda berjarak kurang dari 10 meter dari Anda, Anda wajib meneriakkan peringatan untuk menyerah. Jika ia memilih untuk menyerah, Anda dilarang menembaknya. Namun jika ia tidak menyerah, Anda boleh menembak kakinya. Hentikan tembakan Anda jika ia mengaku telah tertembak.
  • Apabila Anda tertembak, angkat kedua tangan Anda pertanda menyerah agar tidak ditembaki terus menerus. Lantas segeralah berpindah posisi ke safety zone permainan airsoft gun.
  • Jangan pernah menembakkan peluru ke arah safety zone permainan airsoft gun.

Artikel lainnya
Sumber

No comments:

Post a Comment

Random Post