Sunday, July 29, 2012

Fungues Farmer, Semut yang bertani Jamur

Melihat para semut ini, anda tak akan mengetahuinya jika mereka adalah para petani jamur. Semut-semut pemotong daun dari Amerika Selatan ini adalah lambang sebuah tim kerja.


Hidup dalam koloni beberapa ratus ribu hingga jutaan, setiap semut mempunyai satu peranan khusus yang harus dilakukan dalam koloninya. Dan masing-masing mereka bergantung pada jamur ini untuk bertahan hidup.
Hubungan antara semut-semut ini dengan jamur tersebut sangat eksklusiv. Tak ada sesuatupun di alam tanpa keberadaan yang lain.
Para semut itu memotong bulat daun dan membawanya ke sarang bawah tanah. Lalu mereka mengyaknya dan menggunakannya untuk menumbuhkan jamur. Pada bagian dalam lahan jamur luas bawah tanah ini, ribuan semut bekerja menanam jamur untuk makanan.
Para semut tak dapat menyerap molekul tumbuhan yang ada dalam daun, sementara jamu bisa melakukannya. Maka, jamur tumbuh dan menyediakan sumber makanan untuk para semut. Jamur pun memperoleh keuntungan dari kerja sama ini. Semut menyediakan bagi jamur suplai makanan terus menerus. Masing masing semut dalam koloni semut pemotong jamur mempunyai tugas khusus untuk dilakukan dan mengetahui bagaimana melakukannya secara insting. Semut=semut terbesar adalah merupakan pengumpul. Mereka berani ke dunia luar untuk memotong dedaunan. Lalu mereka membawanya pulang ke sarang.
Semut-semut terkecil kemudian mengambil alih. Mereka mengoyak jamur ke dalam potongan-potongan kecil, mencampurnya dengan air liur mereka, dan menempatkannya di lahan. Semut paling kecil merawat lahan pertanian. Mereka memindahkan sekumpulan jamur dari bagian lahan lama ke lahan yang baru untuk pertumbuhan. Mereka menambahkan air liur mereka ke lahan dan mengelilinginya secara teratur.
Para semut memanen jamur sebelum jamur mulai bertunas lebih tinggi. Mereka mengumpulkannya dan menyuapi larva mereka atau mereka makan sendiri.
Dalam koloni yang mengagumkan ini masing-masing jenis semut bekerja untuk kebaikan kelompoknya, dan jamur merupakan bagian penting dari pertahanan hidup para semut ini. Hubungan simbiosis ini menguntungkan kedua belah pihak, semut dan jamur.
Alam selalu penuh dengan hubungan semacam itu, dan pertahan hidup bagi banyak binatang, tumbuhan, dan spesies jamur bergantung terhadap mereka.

sumber

No comments:

Post a Comment

Random Post